Hari Ini:

Rabu 28 Jun 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 16.00 WIB

Telpon:

085230102223

SMS/Whatsapp:

085230102223

Line ID:

jayaairrifle

BB Messenger:

2BE5DE50

Email:

jayaairrifle@gmail.com

Senapan Angin untuk Pemula

06 April 2017 - Kategori Blog

Harga Berbagai Jenis Senapan Angin Untuk Pemula

 

Harga senapan angin memang sangat bervariasi, dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Harus disadari bahwa hobi menembak bukanlah hobi murah. Ia termasuk kategori hobi dengan biaya mahal. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk semua peralatannya cukup menguras kantong. Harga senapan angin dengan kualitas standar, paling tidak masih di atas lima ratus ribuan.
Senapan angin adalah alat utama untuk menembak. Senapan Angin juga harus dilengkapi dengan beberapa perlengkapan agar bisa bekerja dengan baik. Ada peredam, teleskop, martil dan lainya.
Untuk kita yang baru pertama kali menekuni hobi menembak, ada baiknya kita pertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membeli senapan angin. Terutama terkait harga senapa angin, daya akurasi dan juga kebutuhan kita kedepan.

Jenis Senapan Angin  Yang Tepat Untuk Pemula dan Harganya

Di pasaran, ada beberapa jenis senapan angin yang bisa kita pilih. Berikut kami urutkan berdasarkan rekomendasi kami, mana yang bisa kita beli jika kita baru pemula:

  1. Senapan Angin Jenis Per atau Piston Pegas Metal: Paling tidak direkomendasikan (Harga Senapan angin berkisar Rp 7 hingga 8 Juta)

Senapan angin jenis ini menggunakan energi yang di dapat dari per spiral atau pegas metal untuk menggerakkan piston dalam memapatkan udara. Dengan begitu, untuk mengokang senapan angin ini tidaklah ringan. Butuh tenaga sekitar 33-38 pounds (14,97 – 17.24 kg).


Meski cocok untuk berburu, untuk kita yang baru pertama kali belajar menembak dan berburu, senapan angin jenis per bukanlah rekomendasi terbaik. Selain berat saat mengokang, daya hentakan setelah menarik platuk tinggi. Sehingga sangat memperngaruhi akurasi tembakan. Untuk yang sudah mahir, senapan angin ini bagus, tetapi pemula sebaiknya gunakan jenis lain.
Dahulu, senapan angin jenis per ini digunakan pada kejuaraan olimpiade menembak. Hal ini tidak lain karena kemampuanya menghasilakan trajectory/edaran yang konstan. Setiap peluru yang keluar di dorong dengan energi yang sama. Sayang kejuaraan sekarang sudah diganti dengan senapan angin jenis PCP, setelah sebelumnya pernah menggunakan jenis CO2.
Senjata Angin Jenis Per atau Piston Pegas Metal memiliki beberapa jenis. Ada yang break-barrel yang dikokang seperti mematahkan laras/barel, ada side-lever yang menggunakan tuas samping, ada under-barrel-lever yang menggunakan tuas bawah dan juga motor listrik serta yang lain.

 2.  Senapan Angin Jenis Piston Pegas Gas: Bukan Pilihan terbaik (Harga Berkisar 6 hingga 10                     juta)

Generasi perbaikan dari senapan jenis piston pegas metal adalah piston pegas gas. Di mana dalam senapan angin ini, pegas metal di ganti dengan pegas udara atau nitrogen. Di simpan menyatu dengan piston.
Kelebihan paling menonjol dari perbaikan yang dilakukan adalah kemampuan jenis pegas gas mengurangi hentakan (recoil) pada saat senapan angin di tembakkan. Objek yang digerakkan dalam senapan angin ini lebih sedikit ketimbang generasi sebelumnya, Sehingga daya akurasinya pun juga meningkat.

 


Sayang untuk pemburu pemula, senapan angin tipe ini juga bukan rekomendasi terbaik. Meski ia lebih bisa dipilih ketimbang jenis pertama. Hanya saja perlu diketahui harga senapan angin ini cukup mahal. Proses pembuatanya butuh waktu yang lama karena tingkat presisi yang harus dihasilkan sangat tinggi.
Di pasaran, senapan angin Jenis Piston Pegas Gas di sebut juga dengan Gas Ram, Gas Strut, Nitro Piston.
3. Senapan Angin Jenis Single Pump Pneumatic: Pilihan terbaik untuk yang sekadar coba-coba              (Harga dibawah 500 ribu)
Di antara senapan angin jenis yang lain, Senapan Angin Jenis Single Pump Pneumatic adalah jenis senapan angin dengan harga paling murah. Sayangnya ia hanya memiliki jarak akurat 15 hingga 20 meter saja. Kecepatanya hanya mencapai sekitar 300 – 600 fps. Itu artinya hanya cocok untuk plinking dan tembak target bukan berburu. Tetapi jika di banding dengan dua jenis sebelumnya, Senapan Angin Jenis Single Pump Pneumatic lebih bisa jadi pilihan.
Senapan angin jenis ini bekerja dengan cara memapatkan udara melalui pompa. Mungkin kita sudah akrab dengan Senapan Angin Jenis Multi Pump Pneumatic? Ya cara bekerjanya sama seperti itu. Yang beda, senapan angin ini hanya cukup di pompa sekali saja untuk menghasilkan satu kali tembakan.


Melihat tingkat efisiensi yang cukup tinggi ketika digunakan, maka tak ada salahnya juga untuk kita yang baru belajar menembak memilih menggunakan senapan angin ini. Setidaknya harga senapan angin ini murah. Juga waktu yang digunakan untuk memompa dan menembak jauh lebih sedikit di banding dengan jenis per dan multi pump.

4. Senapan Angin Jenis Pre-Charged Pneumatic (PCP): Pilihan Terbaik Untuk Yang Punya Uang (Harga senapan Angin Ini Berkisar 1,5 Juta Hingga 3 Juta)
Di posisi kedua yang bisa jadi pilihan paling cocok untuk pemburu pemula adalah senapa angin jenis Pre-Charged Pneumatic. Mengapa senapan angin dengan daya akurasi yang cukup tinggi dibanding dengan yang lainya ini tidak berada dalam nomor satu? Karena harga senapan angin jenis ini umumnya lebih mahal ketimbang jenis lain.
Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic menggunakan energi yang bersumber dari udara yang telah dimapatkan terlebih dahulu. Pada jenis ini, untuk sekali saja dipompa kita dapat menggunakanya untuk beberapa kali tembakan. Tentu berbeda dengan jenis lain yang harus dipompa untuk setiap tembakan. Hal ini tak lain karena udara telah dikompresikan dalam tekanan tinggi, ada sekitar 1000 hingga 3000 psi.


Untuk memapatkan udara ini, kita bisa menggunakan pompa tangan manual, Kompresor Udara Listrik atau BBM, atau Tabung cadangan.
Senapan angin ini memiliki kelebihan diantara yang lain, dianataranya:
Sekali pompaan bisa untuk beberapa kali tembakan. Sangat efisien untuk berburu tanpa harus memompa berulang kali.
Mampu menghasilkan energi paling kuat diantara jenis lain senapan angin yang lain.
Hanya saja, senapan angin ini untuk pemula masih memiliki kekurangan. Terutama soal harga senapan angin yang lumayan mahal. Terlebih pengisian energinya juga tidak semudah jenis lain. kalau manual cukup menguras tenaga, kalau ke tempat pengisian harus bolak balik. Tetapi memang soal akurasi jenis ini bisa diandalkan.
 5.  Senapan Angin Jenis Multi Pump Pneumatic: Pilihan Paling Sempurna (Harga 350 Ribu hingga           1 juta)
Pada Senapan Angin multi-pump pneumatic, udara pada tabung dikompresi dengan pompa tangan dalam beberapa kali pompaan. Meski beberapa kali pompaan, tetapi hanya bisa digunakan untuk sekali tembak saja. jadi tiap kali selesai menembak harus dipompa lagi untuk menembak berikutnya.
Energi yang dikeluarkan tergantung jumlah pompaan yang kita lakukan. Jadi kita bisa menyesuaikan jumlah pompaan dengan jarak akurasi yang kita inginkan. Untuk 10 hingga 15 meter, cukup 1 hingga dua pompaan saja. untuk 25 hingga 30, bisa 3 hingga 4 pompaan. Tergantung juga merek senapan angin multipump yang kita gunakan.
Senapan angin jenis ini paling rekomendasi di antara jenis yang lain khusus untuk pemburu pemula.

Sebab ia memiliki beberapa kelebihan:
1. Energi yang dihasilkan senapan angin multipump dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
2. Harga senapan angin multipump cukup terjangkau.
3. Terdapat dua jenis tipe yang bisa kita temui di penjual. Ada senapan angin multipump dengan pompa samping           dan ada yang menggunakan tuas pompa bawah.
Nah, kalau sudah ketemu mana senapan angin yang ingin dibeli. Jangan lupa untuk terus berlatih, ada baiknya kita berlatih bersama dengan mereka yang sama-sama memiliki hobi menembak. Sebab dengan begitu, biaya yang kita keluarkan lebih ringan.